Selasa, 18 September 2012

Eksterior Elok Cerminan Karakter Pemilik Hunian

detail berita
Ilustrasi Rumah (Foto: Dok. Okezone)
JAKARTA - Tak dapat dipungkiri bahwa tatanan sebuah hunian menjadi cermin karakter pemilik rumah. Hunian yang tertata apik, tentu akan diikuti pula dengan desain yang menarik.

Bukan hanya interiornya, eksterior pun harus ditata agar tampilan hunian terlihat elok. Menata area luar, termasuk poin penting dalam menciptakan rumah idaman. Apalagi bagi Anda yang tinggal di sebuah kompleks hunian, pasti ruang luar menjadi nilai lebih untuk menciptakan kesan pertama yang positif. Selain itu, tatanan yang baik juga akan memberikan kenyamanan bagi Anda dalam beraktivitas.

"Setiap bangunan rumah tinggal pasti memiliki area hijau walau hanya berukuran kecil. Area hijau tersebut biasanya merupakan taman di halaman depan rumah, taman belakang, maupun innercourt," tutur desainer interior Ade Lesmana.

Anda bisa menggunakan material seperti kaca untuk membatasi area teras dengan bagian dalam rumah yang dijadikan lahan hijau. Bukan hanya itu, kaca juga dapat Anda jadikan penutup plafon. Dengan begitu, Anda bisa menikmati indahnya malam dari skylight rumah sendiri.

Selain taman,bagian luar lainnya adalah fasad dan teras. Fasad merupakan tampilan depan rumah yang dapat mewakili karakteristik bangunan.

"Perhatikan karakter gaya fasad yang diinginkan, penggunaan kombinasi material, penggunaan kombinasi warna, irama, dan penyesuaian iklimnya. Sebaiknya sesuaikan tampilan fasad dengan karakter gaya interior rumah," sebut Ade. Selain itu, Anda pun boleh mengkombinasikan material dan tekstur agar tampilan fasad semakin menarik.

Caranya bisa dengan tempelan batu alam atau dinding ekspos. Pemilihan warna yang tepat juga dapat memberikan nuansa yang lebih hidup. Bagian luar selanjutnya yang harus dimodifikasi adalah teras. Bagian depan rumah ini sangat tepat untuk dijadikan ruang bersantai kala sore hari. Perhatikan finishing dan penggunaan material yang pas dan perawatannya yang tidak terlalu sulit.

"Yang harus diperhatikan adalah daya tahan terhadap lingkungan luarnya. Supaya awet dan lebih tahan lama, teras bisa menggunakan material yang natural, seperti batu alam maupun keramik.

Sementara untuk dinding eksterior, diperlukan cat khusus mengingat bagian luar lebih rentan ditumbuhi jamur," papar Ade. Penggunaan furnitur di teras juga perlu Anda perhatikan. Pilih material yang tahan terhadap berbagai cuaca seperti terpaan sinar matahari, hujan, dan lembap. Anda bisa memilih material kayu maupun rotan sintetik.

Bahan plastik atau metal juga memiliki ketahanan yang baik, tapi harus dipertimbangkan keselarasannya dengan lingkungan luar.

Sumber : www.property.okezone.com/eksterior-elok-cerminan-karakter-pemilik-hunian

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar