Rabu, 19 September 2012

2020, Indonesia Target Bebas Kawasan Kumuh

detail berita
Permukiman di Jakarta (Foto: Dok. Okezone)
JAKARTA - Sekretaris Menteri Perumahan Rakyat Iskandar Saleh saat membuka Pra Seminar Nasional mengatakan, target pengentasan kawasan kumuh menurut Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) pemerintah ditargetkan selesai pada tahun 2025 mendatang. Akan tetapi berdasarkan arahan presiden target tersebut diharapkan dapat lebih cepat terselesaikan pada tahun 2020.

"Hal tersebut merupakan tantangan kita bersama apakah pada tahun 2020 bisa dideklarasikan Indonesia bebas dari kawasan kumuh," kata Sesmenpera, seperti dikutip dalam keterangan resminya, di Jakarta, Rabu (19/9/2012).

"Apalagi, anggaran pemerintah yang ada tentunya belum mencukupi untuk mengatasi kawasan kumuh yang ada hampir tersebar di seluruh daerah Indonesia.," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Permukiman Ditjen Cipta Karya Kementerian PU Amwazi Idrus menjelaskan, kawasan kumuh memang selalu ada di hampir seluruh kota-kota besar di dunia baik di Indonesia serta Hongkong, China serta India sekalipun. Namun demikian, berbagai program pengentasan kawasan kumuh yang dilakukan oleh pemerintah di negara masing-masing tersebut seperti tidak kunjung selesai.

Di Indonesia, imbuhnya, setidaknya ada dua kementerian yakni Kemenpera dan Kementerian PU yang bertugas menangani kawasan kumuh. Namun demikian, pengukuran terkait kriteria dan luasan kawasan kumuh dilakukan oleh BPS dan Bappenas. 

"Harus ada kriteria serta tolok ukur yang  sama dalam penanganan masalah ini. Kami berharap ada sinkronisasi program agar program tersebut dapat berjalan dengan baik," kata Amwazi.

Sumber : www.property.okezone.com//2020-indonesia-target-bebas-kawasan-kumuh

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar