Kamis, 27 September 2012

Ini "Kantor Mini" Anda, Siapa yang Protes?




Orang mudah sekali melupakan ruang belajar atau ruang kerja, terutama ketika mendekor rumah. Padahal, sebagai salah satu bagian dari rumah, sebaiknya ruang kerja tidak dilupakan.

Penataan ruang kerja dengan baik akan berpengaruh pada produktivitas dan kebahagiaan Anda di rumah, mulai dari menemukan ruang yang tepat, perabotan cocok untuk menyimpan berkas, ergonomis, mengurangi gangguan dari luar, sampai memberikan sentuhan pribadi. Semua ini sebaiknya tercakup dalam proses penataan ruang kerja. Berikut ini kiat untuk Anda yang sedang ingin mendekorasi "kantor mini" di rumah:

Mewah ala Anda

Tidak akan ada orang yang memprotes pilihan Anda. Setidaknya, prioritas utama dalam menata ruang kerja adalah kebutuhan dan kenyamanan Anda sendiri.

Pilih apa yang membuat Anda bahagia. Anda tidak perlu takut mencampur gaya desain ruangan modern dengan kursi-kursi berlengan klasik. Tentunya, itu dilakukan selama Anda menyukainya.

Triknya, Anda dapat menyediakan "link" antara barang-barang klasik di ruang kerja Anda. Misalnya, Anda menaruh kursi berlengan, lalu memadukannya dengan penutup jendela bermotif bunga-bunga, lukisan, dan bantalan kursi berwarna senada dengan penutup jendela.

Dikelilingi "cinta"

Adanya "kantor mini" di rumah tentu bukan hanya menjadi tempat Anda bekerja. Ruangan atau area ini adalah tempat paling pribadi bagi Anda.

Untuk itu, berikan warna kesukaan, karya seni, foto, tanaman, atau barang-barang apapun yang Anda sukai. Jangan sampai, Anda membuat "kantor mini" ini sama dengan memindahkan kubikal membosankan di kantor Anda.

Ergonomis itu penting

Selain memanjakan mata dan selera Anda, manjakan juga badan Anda. Cek apakah ruang kerja Anda sudah ergonomis, muli dari kursi sampai meja. Jika barang-barang di ruang kerja tidak membuat Anda nyaman, untuk apa dipertahankan?

Pastikan juga ketinggian kursi agar Anda nyaman. Ini dilakukan agar kaki Anda dapat menapak dengan sempurna ketika duduk dan bekerja.

Selain itu, jika Anda bekerja menggunakan komputer, luruskanlah layar dengan pandangan mata. Sebaiknya Anda tidak menaruh layar di samping atau menyerong karena akan mencederai pundak Anda.

Beberapa modifikasi juga dapat Anda lakukan. Misalnya, menambahkan bantal di kursi atau malah menyediakan kursi yang didesain khusus untuk menyangga punggung.

Untuk tambahan, carilah mousepad yang memiliki bantalan di pergelangan tangan Anda. Ini akan memberikan kenyamanan bagi Anda yang sering menggunakan mouse.

Permukaan tambahan

Hindari tumpukan barang-barang dengan memiliki beberapa lokasi bekerja. Misalnya, lokasi pertama untuk komputer, kemudian lokasi kedua untuk menulis dan membaca. Ketika menggunakan semua permukaan tersebut, tidak akan ada tempat untuk menumpuk barang-barang.

Ruang kerja penuh gaya

Jika Anda jarang menggunakan ruang kerja, gabungkan saja ruang kerja dengan ruang bersantai atau Anda sebut dengan "ruang mencari inspirasi". Kemudian, tempatkan banyak jendela agar cahaya alami dapat masuk ke dalam ruangan ini.

Ruang kerja untuk Anda dan si buah hati

Bukan hanya untuk Anda, sibukkan juga si buah hati dengan memberikan area khusus untuknya. Anda hanya perlu membuat atau menaruh papan tulis.

Anda juga bisa membuat dinding ruang kerja Anda menjadi papan tulis. Lemari yang memiliki fungsi ganda sebagai "rumah-rumahan" untuk anak Anda juga pasti menyenangkan. Jangan lupa, sediakan juga "meja kerja" untuk mereka.

Di meja berukuran kecil dan rendah ini, anak-anak dapat menggambar, mewarnai, atau bermain. Demi kenyamanan mereka, sediakan juga karpet tebal dan boks untuk menyimpan mainan.

Privasi dari ruang besar

Jika bentuk rumah Anda adalah rumah open plan, Anda tetap bisa membuat kantor mini yang memiliki privasi tinggi. Caranya, pisahkan kantor Anda dan ruangan lain dengan memanfaatkan rak buku "open-backed" atau rak buku terbuka.


Sumber : www.properti.kompas.com/Ini.Kantor.Mini.Anda.Siapa.yang.Protes.

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar