Kamis, 27 September 2012

Aspek Penting dalam Memilih Gaya Minimalis

detail berita
Gaya Hunian Minimalis (foto: freshome)
JAKARTA - Rumah selalu jadi tempat terakhir yang dituju untuk melepas kepenatan sehabis melakukan segudang aktivitas. Supaya Anda bisa menghilangkan rasa jenuh dan stres, ciptakan suasana rumah yang menyegarkan lewat tatanan minimalis.

Hampir setiap tahun penataan gaya minimalis kerap menjadi tren terdepan. Walau demikian, gaya minimalis sejatinya selalu mengalami perkembangan, misalkan lewat penambahan aksesori, warna, maupun tampilan corak dindingnya.

"Tren minimalis cenderung lebih disukai daripada tren yang lain. Karena di samping lebih rapi dan teratur, gaya minimalis juga sangat enak dipandang dan memberikan solusi dalam menyiasati rumah yang kecil agar lebih sedap dipandang, fungsional, dan efisien," sebut arsitek Eileen Rachman.

Eileen menambahkan, kedekatan antarruang merupakan hal pertama yang mesti dipertimbangkan saat ingin menata rumah minimalis. Lebih baik fokus dahulu di satu ruangan dan jadikan ruang tersebut sebagai pusat kegiatan di dalam rumah.

Setelah itu, baru menentukan bagian ruang berikutnya yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hendak menata rumah minimalis, di antaranya furnitur, warna, desain ruangan, dan aksesori. Ingat, semuanya harus terlihat serasi dan tidak boleh saling menonjol.

Furnitur adalah bagian penghias rumah yang utama. Kehadirannya bisa menambah nilai ruangan dan terlihat mempesona. Hanya, sebaiknya batasi jumlah furnitur di dalam ruang minimalis Anda. Pilihlah material yang tepat dan pas karena dengan pemilihan yang sesuai bisa mengentalkan suasana minimalis yang ingin dihadirkan.

"Material seperti kaca, aluminium, atau besi bisa dipilih sebagai bahan furnitur. Selain bentuknya simpel, perawatan material tersebut sangat mudah. Dan ingat, pilih kombinasi warna gelap dan terang supaya ruang minimalis dapat terlihat modern," papar Eileen. Anda bisa memilih furnitur dengan desain sederhana dan sedikit ornamen.

Minimnya ornamen bisa memudahkan perawatan dan ruangan jadi terkesan lebih lapang. Hal itu sangat pas diterapkan di rumah minimalis yang mungil. Pemilihan corak motif atau warna yang terlalu ramai kurang cocok diterapkan di hunian minimalis.

Ada baiknya perhatikan tone warna tiap kali Anda ingin menambah atau mengganti aksesori maupun furnitur dalam satu ruangan. "Permainan ornamen garis lurus atau garis geometris boleh juga diaplikasikan untuk menambah kesan minimalis ruangan," ujar Eileen. Usahakan ruangan tidak berkesan terlalu penuh supaya menegaskan tampilan minimalisnya.

Misalkan Anda bisa menggunakan pigura foto dalam jumlah sedikit yang bertujuan hanya memberi aksen pada ruangan. Dengan adanya keterbatasan ruang, ada baiknya furnitur yang digunakan memiliki fungsi lebih dari satu. Selain itu, ruangan akan terkesan ringan dan clean. Furnitur multifungsi pun akan mengefisienkan usaha Anda dalam mengatur rumah.

"Demi menghindari rasa bosan, letakkan beberapa artwork seperti patung dan lukisan untuk menghiasi bagian dinding rumah. Tampilan satu atau dua artwork yang simpel bisa menjadi aksen dekorasi di dalam ruangan," tutur Eileen.

Sumber : www.property.okezone.com/aspek-penting-dalam-memilih-gaya-minimalis

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar