Jumat, 07 September 2012

Utamakan Fleksibilitas dalam Merancang


detail berita
Carport modern (foto: colwesternshed)
DI sebuah rumah di North Carolina, arsitek John Reese merancang paviliun outdoor dengan kolam renang memanjang di satu sisi dan di sisi lainnya ada carport.

Pemilik rumah mendesain jalan masuk berbentuk S menuju paviliun dan taman,yang penting bagi estetika teras depan paviliun tersebut. "Ada dua dinding pada carport sehingga mobil sepenuhnya tersembunyi dari pandangan orang," kata Reese.

Tembok pemisah carport dari kolam renang terbuat dari polycarbonate sehingga terdapat pantulan cahaya air mancur dan kolam di satu sisi dan bayangan yang terasa "magis" di sisi lain.

Ketika pemilik rumah ingin mengadakan keriaan, mereka cukup memindahkan mobil dan carport disulap menjadi ruang pesta terlindung dengan built-in speaker di langit-langitnya. Penyimpanan lemari di kedua sisi carport bisa diubah menjadi meja tempat menaruh makanan kecil.

"Ini adalah ruang yang benar-benar membuat nyaman dan 'menghibur' mobil saat tidak digunakan," kata Reese.

Sebuah rumah di Austin, Texas, juga memiliki rancangan yang hampir sama. Arsitek James D LaRue mendesain rumah tersebut dengan garasi berbahan kaca dan aluminium yang terbuka otomatis.

Namun, pemilik rumah biasa menempatkan mobilnya pada carport beton mengkilap, bukan di garasi. Carport tersembunyi ini menghadap ruang keluarga terbuka dengan perapian, sebuah taman persegi dengan rerumputan dan pohon elm.

Jika pemilik rumah, seorang eksekutif perusahaan telekomunikasi, ingin memperluas area gathering, dia memarkir mobil di jalan.Lantas carport diubah menjadi patio mewah.

"Orang-orang membangun garasi karena butuh tempat untuk menyimpan barangbarang," kata arsitek Christopher Gosch, pemilik Bark Design di Wisconsin. "Saran saya, bangun tempat penyimpanan lebih luas di rumah dan tempatkan di carport. Ini jauh lebih indah," lanjutnya.

Dalam pembangunan carport perlu perencanaan yang cermat dengan beberapa pertimbangan tertentu. Tujuannya agar diperoleh carport yang kuat sehingga dapat mengakomodasi fungsi utamanya untuk melindungi kendaraan. Selain itu,mendapat bentuk yang tepat sesuai dengan keinginan serta menghasilkan tampilan indah untuk mendukung tampilan wajah rumah.

Pertama, berapa luas lahan yang tersedia. Lalu, penempatan carport harus memperhatikan sirkulasi kendaraan ketika keluar-masuk carport maupun arah dan arus kendaraan di jalan yang berbatasan dengan halaman. Bagi rumah di lahan satu muka, perhatikan akses keluar-masuk rumah pada pintu utama.

Usahakan letak carport tidak menutupi pintu utama. Dalam pemilihan bentuk dan struktur atap carport, pilih sesuai selera. Hal penting yang harus dipertimbangkan, tampilan desain atap carport berpengaruh secara langsung terhadap tampilan wajah bangunan.

Oleh karenanya, perhatikan kesesuaiannya dengan konsep desain maupun gaya rumah Anda. Selain itu, harus dipilih konstruksi atap yang tepat. Hal ini berpengaruh terhadap kekuatan serta keamanan struktur, juga dapat memengaruhi tampilan wajah bangunan. Rencanakan pembuangan air hujan sejak awal. Jika direncanakan memasang talang, perhitungkan jaringan utilitas yang sudah ada.

Sumber : www.property.okezone.com/utamakan-fleksibilitas-dalam-merancang

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar