Selasa, 04 September 2012

Hampir 2 Juta Rumah di Jateng Tak Layak Huni

detail berita
Perumahan rakyat (foto: ist.)
SEMARANG - Hampir dua juta atau tepatnya sebanyak 1.988.804 rumah di Jawa Tengah masuk dalam katagori tidak layak huni. Angka ini sama dengan setengah dari jumlah kepala keluarga yang ada.

Kondisi ini cukup disayangkan, karena rumah yang masuk dalam katagori layak huni masuk dalam kebutuhan pokok, yang seharusnya menjadi hak masyarakat. Terlebih lagi, dalam target Millenium Development Goals (MDGS) keberdaan rumah layak huni di Jateng harus mampu memenuhi 72 persen.

Anggota Komisi D DPRD Jateng, Hadi Santoso mengatakan, tingkat pemenuhan rumah layak huni di Jawa Tengah baru mencapai 57 persen. "Sehingga masih ada 43 persen kepala keluarga yang tinggal di rumah yang tidak layak huni. Rumah tak layak huni ini masuk dalam kategori C yang di antaranya rumah dengan lantai tanah, dinding tak permanen, sanitasi yang tak standar dan lainnya," kata Hadi, di Semarang, Senin (3/9/2012).

Kondisi ini biasanya dapat dijumpai di kawasan pedesaan. "Lah kalau slogan pemprov adalah Bali Deso Mbangun Deso, tentu sangat tidak pas. Soalnya masih banyak yang perlu dibangun di desa sehingga dapat mensejahterakan masyarakat pedesaan," ujarnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menyatakan bahwa Pemprov harus menjadikan perbaikan rumah tak layak huni menjadi salah satu program prioriotas.

Hadi menjelaskan, dalam rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran Plafon Penggunaan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2013, Pemprov Jateng merencanakan mengalokasi anggaran untuk penanangan rumah tak layak huni sebesar Rp17,3 miliar, melalui Bapermades.

Selain itu, Pemprov Jateng juga mengalokasikan anggaran di Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang untuk perbaikan perubahan sekitar Rp14 miliar. Di Jumlah anggaran ini sudah tentu masih jauh dari cukup untuk memperbaiki kondisi rumah yang masuk dalam katagori "C" itu, dengan angka segitu mungkin hanya sekitar 650 unit rumah tidak layak pakai yang dapat diperbaiki.

"Pemprov harus segera melakukan gebrakan, dengan menempatkan program perbaikan hunian tidak layak pakai itu sebagai prioritas utama," imbuh Hadi.

Sumber : www.property.okezone.com/hampir-2-juta-rumah-di-jateng-tak-layak-huni


Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar