Senin, 03 September 2012

Lokasi Hunian Menentukan Kenyamanan





detail berita
Perumahan (foto: bumn.go .id)
SAAT ingin membeli rumah, ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan, salah satunya lokasi. Menentukan tempat yang pas dan cocok sangat dibutuhkan karena selain sebagai tempat tinggal, rumah juga harus mampu memberi kenyamanan.

Teliti dalam memilih rumah bukan berarti hanya memperhatikan sisi fisiknya. Sisi nonfisik pun wajib diperhitungkan, misalnya dengan menyesuaikan anggaran yang tersedia dengan harga rumah yang Anda inginkan. Setelah Anda menentukan rancangan dana yang pas dengan tipe rumah, tahap berikutnya baru menentukan lokasi rumah.

"Bagian ini merupakan tahap penting yang termasuk dalam pertimbangan nonfisik ketika kita akan membeli rumah. Karena lokasi yang tepat mampu memberikan kenyamanan selama menghuni rumah dan mempermudah kita saat ingin menjualnya kembali," kata arsitek Denny Setiawan. Biasanya, bagi para pengembang perumahan, lokasi selalu menjadi hal utama yang harus dipertimbangkan karena akan memengaruhi nilai penjualan rumah-rumah tersebut.

Hal ini paling tidak bisa Anda lihat dari beberapa brosur yang dibagikan. Biasanya dalam brosur tersebut para pengembang selalu menuliskan "lokasi rumah mudah dicapai", "hanya lima menit dari gerbang tol", dan seterusnya. Walau dalam urusan kalimat yang ditulis tidak sama, namun intinya mereka menjual lokasi sebagai salah satu nilai atau daya tarik rumah itu.

Biasanya, untuk perumahan baru, para pengembang cenderung memilih lokasi yang jauh dari pusat kota. Misalkan di sekitar wilayah Jabodetabek. Karena itu, perumahan yang lokasinya berada dekat dengan jalan tol selalu memiliki daya tarik lebih besar bagi para pencari rumah. Alasannya, lokasi perumahan tersebut lebih mudah dijangkau.

Sejatinya, lokasi rumah memiliki nilai tersendiri bagi para calon konsumen, baik untuk dihuni sendiri,disewakan, maupun untuk investasi. Karena itu, Anda sebagai pembeli harus mempertimbangkan lokasi dengan seksama sebelum menentukan untuk membeli rumah.

"Pada umumnya pembeli tidak langsung menempati rumah tersebut. Karenanya, sebelum memutuskan membeli rumah,pemilihan lokasi harus menjadi prioritas utama, apakah mudah dicapai atau tidak," kata praktisi properti, Mirza Asikin.

Selain itu, lokasi rumah jangan sampai terlalu jauh dari tempat kerja Anda. Tentu dapat dibayangkan apabila jarak rumah terlalu jauh dari tempat kerja. Bisa jadi, gara-gara jarak yang jauh akan menambah pos pengeluaran keuangan Anda untuk ongkos serta konsumsi bahan bakar kendaraan.

Ketika Anda membeli rumah untuk berinvestasi, mempertimbangkan lokasi juga tidak kalah penting. "Pemilihan lokasi dapat menentukan hasil keuntungan yang bisa dicapai. Ambil contoh, lokasi yang dekat dengan tol akan memengaruhi harga jual rumah itu sendiri," kata Mirza. Sejak zaman dahulu, rumah juga dipergunakan sebagai sarana berinvestasi. Untuk bisa mendapatkan lokasi yang tepat, sebaiknya Anda meluangkan waktu yang cukup untuk melakukan pencarian.

Jangan gegabah dalam memilih tipe rumah di beberapa lokasi sebelum melakukan pencarian ke lokasi tertentu. Mirza juga menyarankan, ketahui terlebih dulu kondisi lingkungan sebelum memutuskan membeli rumah di wilayah tersebut.

Kalau dana yang dialokasikan untuk rumah sekitar Rp200 juta, sebaiknya pertimbangkan secara matang mengenai lokasi, apakah memang benar-benar strategis. Siapa tahu ada rumah yang lokasinya jauh lebih strategis.

Sumber : www.property.okezone.com//lokasi-hunian-menentukan-kenyamanan

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar