Selasa, 14 Agustus 2012

Berapakah Luas Ruang Ideal per Orang?

detail berita
Ilustrasi : Getty Image
JAKARTA - Saat ini belum ada standar yang mencakup luas ruang ideal bagi satu orang. Besaran yang dinilai pas adalah 7,5 meter persegi.

"Kalau satu rumah per lahan 36 meter persegi tetapi isinya hanya satu orang itu pemborosan, tapi kalau 36 meter persegi isinya tujuh orang tidak layak juga," ungkap pemerhati kebijakan permukiman perkotaan dan lingkungan, Tjuk Kuswartojo, saat diskusi bertajuk Mendorong Realisasi UU Tabungan Perumahan Nasional, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Senin(13/8/2012).

Tjuk menuturkan, standar luas lahan yang diperlukan untuk perorangan harus diperjelas. Tjuk juga menyebutkan, di Jerman telah ditetapkan untuk besaran lahan untuk per orang yakni 7,5 meter persegi.

"Berbeda halnya dengan Indonesia yang setiap lahan masih belum beraturan, saya bingung ketika menyebutkan Bekasi itu kota atau hasil karya perumahan, Bekasi isinya perumahan tapi penataannya seperti kapal pecah/tidak beraturan," Terang Tjuk.

Tjuk menuturkan, tanah untuk kepentingan publik makin sulit diperoleh, yang tersedia pun terus menerus mengalami tekanan privatisasi.

"Penyediaan prasarana dan utilitas kota dan permukiman tidak sepadan dengan perkembangan kehidupan yang terjadi," pungkas Tjuk.

Sumber : www.property.okezone.com/berapakah-luas-ruang-ideal-per-orang

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar