Kamis, 09 Agustus 2012

Jangan Lengah, Urusan Listrik Bisa Jadi Masalah!



Kehidupan kini serba menggunakan perangkat elektronik sehingga segala pekerjaan rumah tangga pun menjadi lebih praktis dan mudah dilakukan. Namun, perubahan hidup ini menimbulkan satu persoalan baru, yaitu penataan komponen listrik yang tepat dan aman bagi seluruh penghuni rumah.

Sayangnya, hal itu justeru kerap luput dari perhatian sehingga tak jarang justru membahayakan keselamatan anak. Meskipun kita selalu memberi pengawasan, ada kalanya perhatian akan lengah dan di saat itulah kecelakaan di rumah terjadi.

Untuk menghindari hal itu, Anda perlu menata setiap kabel listrik dari berbagai perangkat elektronik di rumah secara rapi dan tidak mudah digapai anak. Salah satu caranya dengan menarik kabel ke atas dan ditempelkan di sudut dinding sehingga tidak terlihat mencolok.

Pemasangan TV plasma atau LCD, misalnya, menjadi satu hal utama yang diperhatikan demi mendukung estetika tampilan televisi dan interior. Demikian pula halnya dengan stop kontak dan sakelar.

Stop kontak kerap menarik perhatian anak untuk memasukkan jarinya ke dalam. Padahal, meski tidak ada kabel yang terpasang, stop kontak tetap mengalirkan arus listrik.

Oleh karena itu, stop kontak dan sakelar harus diletakkan di tempat cukup tinggi. Jika sudah terlanjur berada di bawah, hal ini masih bisa diatasi dengan menggunakan variasi jenis stop kontak yang kini memberi perlindungan khusus, misalnya dengan cara diputar terlebih dulu sebelum bisa disambungkan dengan kabel atau ada pula yang memiliki penutup di bagian depannya.

Jangan lupa, pastikan tidak ada sambungan kabel listrik yang mengelupas atau terbuka. Di samping itu, pemilihan perangkat elektronik pun sebaiknya tidak hanya memperhatikan kecanggihan fitur atau desainnya saja, tetapi juga mempertimbangkan kebiasaan dan usia anak demi keamanan mereka.

Kipas angin, misalnya. Sebaiknya, Anda membuat jarak antarkawat yang besar sehingga memungkinkan tangan mereka menjulur masuk ke bagian dalam, terutama pada saat baling-baling kipas berputar.

Demikian halnya jika Anda menggunakan mesin cuci front loading. Sebaiknya, Anda memiliki pengaman lebih untuk mengunci pintu agar anak tidak mudah membuka-tutup pintu, terutama saat mesin sedang bekerja.

Terakhir, letakkanlah berbagai perangkat elektronik di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau anak.

Sumber : www.properti.kompas.com/Jangan.Lengah.Urusan.Listrik.Bisa.Jadi.Masalah.

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar