Kamis, 16 Agustus 2012

Cara Tepat Memasang Ubin


detail berita
Lantai keramik (foto: kolomrumah)
LANTAI yang tampil cantik dan bersih bisa menambah nilai plus sebuah hunian. Namun, Anda patut berhati-hati dalam memasang ubin di lantai, sebab jika tidak, selain mengganggu pemandangan juga dapat membahayakan keselamatan orang yang berjalan di atasnya.

Berikut tips memasang ubin dengan tepat:

1. Tentukan letak titik tertinggi sebagai dasar muka lantai, yang biasanya diambil di bawah pintu.

2. Pemasangan pertama dilakukan di bawah pintu dengan menggunakan adukan.

3. Dari muka atas pasangan pertama ditarik benang ke arah sudut-sudut ruangan, lalu pada masingmasing sudut dipasang satu pasangan lantai sebagai pedoman untuk tinggi muka lantai.

4. Dari tempat pasangan lantai sudut ditarik benangbenang sejajar tepi ruangan untuk menetapkan letak titik-titik antara atau tengah-tengah ruangan.

5. Di tempat-tempat tersebut dipasang patok. Pada patok dipakukan papan untuk tarikan-benang, seperti pada pemasangan papan bangunan. Pemasangan papan harus datar dan diperiksa dengan alat sipat datar.

6. Dari papan-papan ini direntangkan benang untuk tarikan benang pemasangan. Mula-mula ditarik benang dari pasangan lantai pertama di dekat pintu, kemudian pada arah tegak lurus direntangkan juga benang untuk tarikan ke arah silang lain.

7. Dari tempat tarikan benang tersebut dimulai pemasangan satu baris ubin lantai. Untuk tiap pemasangan dipakai adukan yang cukup untuk luas satu pasangan ubin lantai. Bahan lantai didesak dengan kekuatan sedang sampai rata dan sejajar dengan benang-tarikan.

8. Pemasangan berikutnya ke arah tegak lurus terhadap arah pemasangan pasangan yang pertama, begitu seterusnya, sehingga bagian ujung sudut ruangan terpasang penuh dengan ubin lantai.

9. Pemasangan dilakukan dengan cara mundur menuju arah pintu agar ubin lantai yang telah selesai dipasang tidak terganggu oleh pemasangan lantai berikutnya, sebab adukannya belum mengeras.

10. Untuk menjaga pemasangan ubin yang telah selesai tidak rusak, di tempat-tempat tertentu diletakkan papan untuk jalan di atasnya.

Sumber : www.property.okezone.com/cara-tepat-memasang-ubin

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar