Senin, 27 Agustus 2012

Kosep Green Building Leluhur

detail berita
JAKARTA - Konsep green building belakangan menjadi ramai dibicarakan. Terlebih dengan semakin bermunculannya gedung baru modern, yang ditetapkan dan ditata dengan konsep bangunan ramah lingkungan.

Padahal sebetulnya bangunan tradisional peninggalan nenek moyang itu sudah memenuhi konsep green buliding, misalnya rumah panggung di Baduy, rumah adat Toraja dan rumah Gadang di Sumatra Barat. Sejatinya, kita belajar dan melestarikan pada kearifan adat dan budaya leluhur.

Hal  ini seperti dijelaskan oleh Assesor yang juga Co Founder Green Buliding Council Indonesia (GBCI) kepada Okezone pada Sabtu (25/8/2012) di Jakarta.

"Misalnya bagaimana nenek moyang kita membangun dengan lantai lebih tinggi dari permukaan. Ternyata hal ini bisa menambah sirkulasi udara, sebab ada pergerakan angin di bawah bangunan," kata Ning.

Selain itu penerapan atap dari bahan alami seperti daun kirai dan daun ijuk, tak hanya bersifat ramah lingkungan melainkan juga bisa menyerap dan mengurangi panas matahari yang masuk ke dalam ruang rumah kita. Sehingga jauh sebelum adanya kecanggihan teknologi, mengenyam pendidikan tinggi, mereka sebetulnya telah pandai menjaga kearifan lingkungan.

"Sehingga  penerapan konsep green building sebetulnya hal mudah, berkaca pada nenek moyang yang bisa menerapkannya dengan konsep sederhana," pungkas Ning.


Sumber : www.property.okezone.com/kosep-green-building-leluhur

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar