Jumat, 10 Agustus 2012

Jika Asing Bisa Beli, Properti di Indonesia Akan Sangat Mahal

detail berita
Pembeli menijau maket superblok (Foto: Dok. Okezone)
JAKARTA - Harga properti di Indonesia mengalami kenaikan harga tertinggi kedua di dunia, menurut salah satu hasil riset konsultan properti global. Diperkirakan kenaikan harga properti dalam negeri mengalami peningkatan 28,5 persen year on year (yoy).

Namun, diperkirakan jika pihak asing dapat memiliki properti di Indonesia, khususnya Jakarta, akan mengalami kelompatan harga, minimal 35 persen. Seperti yang disampaikan Direktur Utama LPKR Jopy Rusli.

Menurutnya, daerah Jakarta Selatan dikenal sebagai lokasi favorit hunian bagi kaum ekspatriat. Salah satunya adalah proyek superblok Kemang Village yang dikembangkan oleh anak usaha Lippo Group tersebut. Dia mengatakan, dalam satu menara apartemen pembeli asing bisa mencapai 25 persen dari total keseluruhan. Dengan harga apartemen yang dijual mulai Rp3 miliar per unit.

"Sedangkan pembeli dari Indonesia sendiri bisa 50 persennya, dan dari situ rata-rata 25 persen mereka sewakan legi ke orang asing. Jadi, kami perkirakan jumlah warga asing yang akan menghuni di Kemang Village sendiri bisa 40-50 persennya," jelas Jopy saat ditemui di kantor marketing Kemang Village, di Jakarta, Kamis (9/8/2012) malam.

Dia mengatakan, meskipun aturan tentang kepemilikan properti olah orang asing di Indonesia hingga kini belum jelas, namun, tidak menjadi hambatan bagi mereka untuk membeli atau berinvestasi proerti di Tanah Air.

"Orang asing saat ini bisa membeli properti dengan beberapa cara. Pertama dengan perjanjian jual beli biasa, yang kemudian dapat ditingkatkan menjadi akta jual beli setelah dua tahun, yang diurus langsung dengan pihak BPN," ujarnya.

Yang kedua, lanjutnya, melalui persetujuan (agreement) dengan pengembang, dan yang ketiga dengan menggunakan nama perusahaan modal asing (PMA).

"Meskipun mereka bisa membeli, namun, nama mereka di akta jual beli properti tersebut belum bisa dipakai. Karena Indonesia belum mengatur tentang itu. Nah, ini juga menjadi salah satu masalah yang sedang diributkan saat ini kan, dan hanya Indonesia satu-satunya negara yang mengalami hal ini," papar Jopy.


Sumber : www.property.okezone.com//jika-asing-bisa-beli-properti-di-indonesia-akan-sangat-mahal

Cari RumahDijual Bekasi   ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar