Kamis, 02 Agustus 2012

Yuk, Kenali Seni Terarium

detail berita
Terarium (foto: botanyfactory)
BANYAK yang mengenal terarium sebagai seni menanam di dalam wadah kaca. Namun, banyak pula yang belum tahu bahwa seni ini pertama kali diperkenalkan di Inggris, kemudian menjadi terkenal sampai sekarang.

Terarium bisa juga disebut vivarium, yaitu metode mengisi media yang terbuat dari kaca dengan tanaman yang berguna untuk dekorasi. "Terarium juga dikenal sebagai biosfer yang paling alami karena fungsi biologis yang terjadi dalam terarium ternyata hampir sama dengan tanaman asli. Hanya, perawatan dan medianya berbeda," tutur arsitek lanskap Herlin Wibowo.

Taman miniatur yang diatur dalam media kaca bakal menciptakan seni tersendiri dan bisa menggambarkan kondisi di taman yang sebenarnya, walaupun dalam media kaca. Dalam wadah kaca ini, Anda bisa membuat nuansa taman yang berbeda- beda seperti nuansa hutan tropis,  padang pasir, dan lain-lain. "Ada tiga kategori untuk tanaman terarium ini, yaitu terarium terbuka, tertutup, dan terarium binatang.

Untuk terarium terbuka, cara pembuatannya paling mudah dan perawatannya pun tidak memerlukan waktu yang banyak. Sementara untuk terarium tertutup membutuhkan waktu yang sangat lama.Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan,seperti masalah kadar air dan pencahayaan yang tepat," kata Herlin.

Bukan hanya terarium terbuka dan tertutup, terarium binatang pun memiliki keistimewaan yang tiada duanya. Terarium ini digunakan untuk menyelidiki tingkah laku binatang kecil, seperti kadal, iguana, katak, atau kura-kura. Tingkah laku yang diselidiki sangat berguna untuk melatih hewan hidup sesuai dengan habitatnya. Setelah Anda menentukan model terarium yang ingin digunakan,pemilihan tanaman harus jadi perhitungan selanjutnya.

"Pemilihan tanaman yang akan diletakkan di dalam terarium haruslah tepat karena terarium merupakan media kaca yang ukurannya terbatas dan memiliki biosfer unik. Ada beberapa tanaman yang bisa digunakan, seperti sansiviera, kaktus, sukulen, dan bromeliad," ujar Herlin. Meski pembuatan seni ini terlihat mudah, tanpa menggunakan teknik serta media yang rumit, namun terarium tidak bisa bertahan lama.

Jika Anda ingin mencobanya,lebih baik mengetahui dulu cara perawatan dan pilihan tanaman yang tepat. "Salah satu langkah yang paling mudah adalah dengan menyiapkan media tanaman maupun material untuk dekorasinya, seperti akuarium kaca, botol kaca, atau stoples. Siapkan pula peralatan yang akan digunakan, seperti skop mini atau sendok, penjepit, gunting, corong plastik, dan penyemprot tanaman," saran Herlin. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk coba mengaplikasikan seni terarium ini menjadi dekorasi yang indah di dalam rumah?


Sumber : www.property.okezone.com/yuk-kenali-seni-terarium

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar