Kamis, 02 Agustus 2012

Harga Lahan Melambung Proyek Properti Tertekan

detail berita
Pembangunan proyek properti (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)
JAKARTA - Pasar properti di Indonesia dinilai masih positif dan kondusif meskipun gejolak krisis keuangan zona Eropa dan perlambatan ekonomi Amerika. Jakarta terbukti mengejar ketinggalannya di mana tingkat harga properti yang sebelumnya dimulai dari basis yang rendah meningkat pesat menjadi yang tertinggi tercatat dari Indeks harga properti mewah.

Hal ini karena didukung faktor positif baik dari segi ekonomi, demografis, politik, perbankan atau keuangan dan sebagai pusat perhatian dunia, berikut prestasi kinerja properti yang tinggi dengan laju kenaikan harga yang fenomenal pada dua sampai tiga tahun terakhir sampai tahun depan.

Namun di sisi lain, dengan gejolak harga lahan yang semakin tinggi, timbul dampak kekhawatiran secara umum khususnya bagi proyek-proyek properti di Jakarta. Proyek properti akan sangat sulit dikembangkan dan menjadi tantangan serta kendala tersendiri dari segi kelayakan bisnis, terkecuali dengan menaikkan harga jual properti karena tingginya beban biaya produksi.

"Melihat ke depan dalam perspektif jangka panjang, kenaikan harga biaya lahan yang mendorong kenaikan harga jual properti secara terus menerus diperkirakan akan mencapai satu titik dimana akan mempengaruhi tingkat permintaan atau future sustainability of demands, tingkat permintaan akan menurun dari segi kemampuan atau keterjangkauan (affordability)," kata Country Head Knight Frank Indonesia Willson Kalip dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Rabu (1/8/2012).

Dia menambahkan, pasar properti secara umum yang seimbang dan sehat membutuhkan kestabilan atau keseimbangan tingkat harga jual yang sesuai dan akan lebih fokus dalam memelihara atau mempertahankan tingkat kondisi permintaan dari segi kemampuan atau keterjangkauan (affordability) ketimbang mengandalkan peningkatan laju harga jual yang pesat yang cenderung bersifat jangka pendek atau sementara.

Sumber : www.property.okezone.com/harga-lahan-melambung-proyek-properti-tertekan

Cari Rumah Dijual Di Bekasi  ??

Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar