Rabu, 08 Agustus 2012

"Surga" di Taman Kecil Anda



Memiliki lahan kecil bukan berarti Anda tidak dapat membuat taman yang indah dan dan tampak lega. Ada beberapa langkah mungkin dapat Anda ikuti untuk mengakali lahan berukuran kecil di rumah Anda itu.

Anda tidak perlu melakukan semua tips untuk diaplikasikan. Gunakan satu atau dua trik yang menurut Anda paling cocok dengan taman Anda. Berikut ini beberapa trik yang akan membantu Anda memanfaatkan taman berukuran kecil:

Gunakan warna yang tepat

Warna berbeda dapat memberikan efek yang juga berbeda, seperti pemakaian jenis bunga untuk Anda aplikasikan di taman ini. Warna-warna hangat seperti merah, kuning, dan oranye akan sangat menyolok. Warna-warna ini membuat siapapun yang melihatnya merasa lebih dekat dengan benda berwarna terang tersebut.

Di sisi lain, warna-warna dingin seperti biru, hijau, dan ungu akan membuat orang yang melihatnya merasa lebih jauh dari benda tersebut.

Warna gelap

Berbeda dengan bunga, untuk pilihan cat dan ornamen, lebih baik Anda memilih warna gelap. Warna gelap akan membuat ilusi kedalaman, sedangkan warna terang membuat taman Anda menjadi "dangkal".

Anda dapat mengecat tembok dengan warna gelap atau menyusun batu-batu hias berwarna gelap di tembok di belakang tanaman. Ilusi warna ini akan membuat Anda yang melihatnya merasa taman lebih besar dari ukuran sebenarnya.

Perabotan berukuran normal

Anda memiliki taman berukuran kecil, tapi jangan sampai menaruh perabotan dengan ukuran yang sama kecilnya. Jika Anda menaruh kursi-kursi mini, taman Anda justru akan terlihat seperti taman boneka.

Trik menaruh kursi dan meja di taman kecil adalah menggunakan bahan yang cukup tipis. Jika Anda masih dapat melihat di antara kaki-kaki kursi dan kaki meja, Anda tidak akan merasa taman terlalu sesak untuk Anda.

Ciptakan ilusi dengan kaca

Kaca yang ditempatkan dengan baik akan memantulkan cahaya dan taman Anda dengan baik. Kaca membuat ilusi "masih ada bagian lain".

Selain kaca, Anda juga dapat menggunakan air dari kolam kecil yang akan memantulkan cahaya dan tampilan sekelilingnya. Triknya adalah menggabungkan air dan kaca. Anda akan membuat saluran panjang berkat pantulan kaca.

Namun, Anda harus ingat untuk menggunakan kaca yang tahan untuk penggunaan outdoor. Selain itu, Anda juga harus ingat, bahwa kaca akan memantulkan sinar matahari sehingga jauhkan benda ini dari arah matahari, sehingga rumah Anda dan tetangga tidak akan terkena pantulan keras sinar matahari.

Perhatikan juga kemungkinan bahwa kaca akan "memakan korban". Burung-burung liar dapat tanpa sengaja menabrak kaca Anda, bukan?

Gunakan material kecil

Pilih bebatuan berukuran kecil untuk taman Anda. Hanya saja, jangan terlalu kecil. Selain itu, Anda juga harus memastikan adanya kombinasi material yang digunakan untuk lantai taman Anda. Jika hanya menggunakan satu jenis material, taman Anda akan membosankan. Sebaliknya, terlalu banyak akan membuat taman terasa terlalu berantakan.

Manfaatkan pencahayaan

Terlalu banyak lampu akan membuat taman terasa lebih kecil. Sebaliknya, terlalu sedikit lampu juga akan membuat taman tidak menarik. Anda dapat memanfaatkan pencahayaan untuk mendapatkan kesan yang besar, indah, dan romantis di taman Anda. Triknya, jangan sampai lampu menunjukkan sampai mana batas taman Anda. Biarkan ada bayangan untuk membuat ilusi.

Ukuran tanaman

Sekali lagi, Anda jangan terperangkap menaruh tanaman-tanaman yang terlalu kecil di taman Anda. Menaruh sebuah pohon adalah ide cukup baik. Namun, Anda harus yakin seberapa besar pohon tersebut nantinya.

Jalan setapak

Selain fungsional, jalan setapak, terutama jalan setapak yang dibuat berkelok-kelok membuat taman Anda tampak lebih besar.

Sisakan tempat terbuka

Gunakan pot dan buatlah level untu menaruh pot-pot Anda. Pastikan Anda masih dapat melihat lantai taman Anda. Dengan begini, taman Anda terasa lebih besar dari ukuran sebenarnya. Untuk mendapatkan feel taman yang asri, Anda juga dapat membuat air di taman Anda mengalir.

Satu lagi, sekarang ini sudah dijual di pasaran, alat-alat yang meniru suara burung, bahkan suara jangkrik, dan kodok. Kini, lengkaplah sudah "Eden" Anda ini!



Sumber : www.properti.kompas.com/Surga.di.Taman.Kecil.Anda

Cari RumahDijual Bekasi   ??


Kunjungi juga rumahcom-asli.blogspot.com dan propertykita.com untuk lebih tau informasi rumah dan propert

Tidak ada komentar:

Posting Komentar